PENGETAHUAN SEBELUM BELAJAR PHP

Apa yang sebaiknya dipelajari sebelum belajar php?



Sebelum sobat belajar php sebaiknya sobat perlu belajar tentang HTML, CSS dan JavaScript. Jika salah satu dari tiga yang saya sebutkan itu sobat belum tahu sama sekali maka urungkan niat sobat untuk belajar php. 

Silahkan sobat baca dulu beberapa penjelasan di blog ini mengenai html dan css, jika dirasa sudah paham maka silahkan lanjutkan untuk mempelajari php.


Sejarah PHP


Menurut wikipedia, pada awalnya php merupakan singkatan dari "Personal Home Page ". PHP pertama kali dibuat oleh Rasmus Lerdorf ditahun 1995. Pada masa itu php masih bernama Form Interpreted yang wujudnya sekumpulan skrip yang digunakan untuk mengolah data formulir dari web.

Kemudian sang pembuat merilis kode sumber tersebut untuk umum dan menamainya menjadi PHP/FI.

Pada November 1997 dirilis PHP/FI versi 2.0. pada rilis ini interpreter PHP sudah di implementasikan dalam program C yang juga disertakan modul-modul ektensi yang meningkatkan kemampuan secara signifikan. 

Pada tahun1997 sebuah perusahaan bernama ZEND menulis ulang interpreter PHP menjadi lebih bersih, lebih baik dan lebih cepat. Kemudian pada bulan juni 1998 perusahaan tersebut merilis interpreter baru untuk PHP dan meresmikan rilis tersebut sebagai PHP 3.0 dan singkatan PHP pun akhirnya dirubah menjadi akronim berulang yaitu PHP:Hypertext Preprocessing.

Pada pertengahan tahun 1999, ZEND merilis interpreter PHP baru dan rilis tersebut dikenal dengan PHP 4.0. Versi inilah yang paling banyak dipakai pada awal abad 21.

Pada Juni 2004, ZEND merilis PHP versi 5.0. Dalam versi ini PHP mengalami perubahan yang cukup besar, pada versi ini juga sudah mendukung Pemrograman Berorientasi Objek.

Jadi setelah mengetahui sejarah dari bahasa pemrograman PHP, maka dapat kita simpulkan apa itu php? simak penjelasan di bawah ini.

Apa itu PHP?


#PHP merupakan singkatan dari "PHP:Hypertext Preprocessing".
#Skrip PHP dieksekusi di server.
#PHP dapat didownload dan digunakan secara gratis.
#PHP banyak digunakan pada pemrograman Open Source.

Pengertian File PHP


Untuk dapat mengetahui apakah yang kita buka itu adalah file php atau bukan adalah dengan cara melihat ekstensi file itu sendiri, jika file tersebut ber-ekstensi .php maka sudah pasti itu adalah file php.

File php dapat berisi skrip Html, Css, Javascript dan kode php itu sendiri pastinya. ketika skrip php itu dijalankan maka browser akan menampilkan sebagai Html biasa, karena php adalah bahasa pemrograman untuk server, atau istilah lainnya dikenal sebagai bahasa pemrograman server side.

baca juga : belajar css dasar

Untuk membuktikan file php ikut ditampilkan di browser atau tidak adalah dengan cara kita klik kanan pada halaman website lalu kita pilih "View Page Source", lihat apa yang ditampilkan oleh browser, hanya html biasa kan?

Apa yang dapat dilakukan oleh PHP?


Beberapa hal yang dapat dilakukan oleh bahasa pemrograman php adalah sebagai berikut :

#PHP dapat mengirim dan menerima cookie.
#PHP dapat mengenkripsi data.
#PHP dapat mengumpulkan data formulir.
#PHP dapat digunakan untuk melakukan aktivitas di database, seperti menambah, menghapus, juga mengubah data.
#PHP dapat membuat, membuka, membaca, menulis, menghapus, dan menutup file pada server.
#PHP dapat menghasilkan konten halaman dinamis.
#dan masih banyak hal lainnya yang dapat kita lakukan dengan PHP.

Alasan Memilih PHP


Mungkin di bawah ini adalah beberapa alasan banyak orang memilih bahasa pemrograman PHP untuk mengembangkan berbagai aplikasi berbasis website.

#PHP bisa berjalan di berbagai platform, seperti : Windows, Linux, Unix, Mac Os dll.
#PHP kompatibel dengan berbagai server yang sering digunakan pada saat ini seperti Apache, Iis dll.
#PHP juga mendukung berbagai macam jenis database
#PHP yang pasti gratis tis tis tis.. hehe.
#PHP banyak sumber referensinya untuk belajar bagi para pemula, seperti saya ini :-)
#dan masih banyak alasan lainnya

Persyaratan Belajar PHP


Beberapa persyaratan untuk dapat belajar bahasa pemrograman PHP adalah sebagai berikut :

#Harus ada Laptop atau komputer, jika tidak ada maka batalkan niat untuk belajar PHP. :-)
#Niat, tapi niat saja tidak cukup jika persyaratan di atas tidak disanggupi, :-)
#Karena PHP adalah bahasa server maka harus ada web server juga, caranya instal web server lokal di komputer, contohnya Apache, Iis dan lainnya.
#Database, misalnya Mysql, MsSql dll.
#Editor jika diinginkan, misalnya Notepad++, Sublimetext, Adobe Dreamweaver dll. jika tidak mau repot pakai saja notepad bawaan windows, yang penting ketika menyimpan ekstensinya .php
#Kopi dan rokok jika dibutuhkan, :-)


Untuk lebih memudahkan sobat dalam belajar PHP, saya sarankan untuk menginstal Aplikasi Xampp. disitu sudah tersedia web server dan mysql untuk database nya.

Pada artikel selanjutnya, insya Allah akan saya berikan penjelasan dan contoh instalasi Aplikasi Xampp di komputer.

Selamat membaca, semoga bermanfaat. :-)
LihatTutupKomentar