BELAJAR HTML LINKS

Sebelumnya pada tulisan saya tentang html, kita sudah belajar membuat comments atau komentar pada html, tentu sobat semua sudah tahu fungsi comments pada html, yaitu untuk membuat komentar didalam kode html tanpa ditampilkan ke browser, juga bisa untuk menonaktifkan kode yang dirasa tidak perlu, bagaimana caranya?


Pada postingan ini, kita akan belajar mengenai links pada html, apa sih yang dimaksud dengan links pada html?

Pengertian Links di Html



Links atau bisa disebut juga hyperlink di html adalah penghubung antar dokumen pada sebuah website, atau bisa juga digunakan sebagai penghubung antar halaman website itu sendiri, juga bisa digunakan sebagai penghubung ke alamat website atau situs lain diluar halaman tersebut.

Bagaimana jika tidak ada links?

Tak terbayang jika ada satu saja situs atau website yang tidak menggunakan links, betapa repotnya user ketika akan menjelajahi halaman demi halaman pada web tersebut.

Tiap kali user akan pindah halaman pasti harus menulis manual alamat halaman tersebut, owhh.. repotnyaaa!!!

Bagaimana cara mengetahui links?

Untuk dapat mengetahui apakah sebuah tulisan atau gambar disemati links atau tidak adalah dengan cara menghover atau menyentuh tulisan maupun gambar tersebut tepat diatasnya, bukan diklik lho! hanya dihover.

Biasanya sebuah tulisan atau gambar yang disemati links ketika dihover, cursor kita akan berubah tampilannya menjadi gambar tangan kecil.

Agar semakin paham dengan links di html, mari kita coba untuk membuatnya. Peralatan yang kita butuhkan untuk membuat links html diantaranya adalah laptop/komputer, editor/notepad juga bisa, kopi dan rokok (optional). :-)


Format penulisan links di html

didalam html, links didefinisikan dengan tag <a> untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan contoh format penulisannya dibawah ini

<a href="url">links teks sobat disini</a>


sekarang mari kita buat links aktif untuk mempraktekkannya, silahkan kopas kode dibawah ini 

<html>
<head><title>Belajar Html Links di blognya aisyahandyra</title></head>
<body>
<a href="http://aisyahandyra.blogspot.co.id/">Media Berbagi Ilmu dan Informasi</a>
</body>
</html>

simpan dengan nama index.html, lalu dobel klik file index.html tadi, akan muncul tampilan kurang lebih seperti di bawah ini, sobat coba klik tulisan "media berbagi ilmu dan informasi"




Mudahkan? Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

LihatTutupKomentar