PENGERTIAN DASAR TENTANG TAG, ELEMEN DAN ATRIBUT HTML

Setelah kemarin kita sudah Belajar HTML Untuk Pemula, maka kali ini kita akan belajar Pengertian dasar tentang Tag , Element dan Atribut dalam HTML. btw buat apa to Tag, Elemen dan Atribut itu?. Coba sobat simak beberapa penjelasan di bawah ini.

Pengertian Tag HTML


Tag di dalam html adalah perintah untuk membuat teks berfungsi atau berperan sebagai sebuah paragrap,link atau list saat program itu dijalankan.

Contoh Penulisan Tag HTML


Contoh penulisan Tag : diawali tanda < atau bisa disebut (tanda kurang dari) dan diakhiri tanda > bisa disebut (tanda lebih dari). lebih jelasnya seperti ini <>. tidak cukup sampai disitu, kita harus memberikan fungsi atau perintah didalam tag itu. dan jangan lupa untuk menutup tag dengan tanda </>.

Misalnya kita ingin kalimat "Belajar Membuat Paragrap di HTML " menjadi sebuah paragraph. maka didalam tanda <> kita isi huruf p atau P sama saja, HTML sifatnya tidak case-sensitif kok. Awal tag ditulis dengan <> dan kita tutup dengan tanda </> namun ada beberapa tag yang tidak memerlukan tag penutup, misalnya tag br.

dibawah ini adalah contoh kode membuat paragraph :




Secara umum browser akan membaca kode di bawah ini sebagai sebuah paragraph. 




jika kode lengkap diatas dijalankan maka tampilannya kurang lebih seperti ini :



Contoh diatas adalah sebagian dari fungsi tag yang ada di HTML, masih banyak contoh lainnya seperti :




dan masih banyak tag-tag html lainnya. jika sobat ingin tahu lebih banyak silahkan cari di internet, contoh tag diatas hanya sebagian yang saya ketahui.

Pengertian Elemen HTML


Elemen didalam html adalah konten atau isi yang diletakkan diantara tag pembuka <> sampai dengan tag penutup </>. menurut pengetahuan yang saya ketahui, bahwa elemen dibagi menjadi tiga bagian, yaitu tag pembuka itu sendiri, isi diantara tag pembuka dan penutup, dan penutup. untuk lebih jelasnya coba perhatikan contoh kode berikut :  


Kode diatas terdiri dari tag pembuka, isi dan tag penutup.


Pengertian Atribut HTML


Atribut didalam html adalah informasi atau fungsi tambahan yang diberikan kepada tag tertentu, misalnya ingin membuat warna teks menjadi merah, ukuran text menjadi lebih kecil atau lebih besar, dll.

Contoh penggunaan atribut :




Tulisan (style="color:red;font-size:30px;") adalah atribut yang dimiliki oleh elemen paragraph. kenapa saya memakai “style ?” sebenarnya itu adalah perintah untuk menyisipkan fungsi CSS. Jika dijalankan hasil dari kode diatas kurang lebih seperti ini :



Hasil diatas sangat berbeda dari hasil sebelumnya kan? itu karena kita sudah memberikan atribut tambahan kepada tag dan elemen paragraph.
Mungkin sebagian dari sobat masih ada yang bingung dengan CSS, di tutorial berikutnya akan saya jelaskan apa itu CSS dan bagaimana penggunaan serta efek yang dihasilkan dari CSS.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat.


LihatTutupKomentar