BELAJAR HTML HEADING

Apa yang akan kita pelajari hari ini masih berkaitan dengan tutorial sebelumnya yang membahas Pengertian Dasar Tentang Tag, Elemen dan Atribut Html. Apa sih sebenarnya Heading didalam html itu, bagaimana penulisan dan penggunaanya? mari kita pelajari bersama.

(baca : Pengertian Dasar Tentang Tag, Elemen dan Atribut Html )


Pengertian Heading


Heading merupakan elemen yang ada di html. Elemen Heading sangat penting di dalam sebuah blog atau website, menurut pengetahuan yang saya baca, bahwa mesin pencari seperti google, yahoo dan bing mengindeks struktur halaman dan isi dari sebuah website dan blog menggunakan metode pencarian berdasarkan heading yang ada di wesbite dan blog tersebut.

Penggunaan Heading di HTML


Heading biasanya digunakan untuk membuat judul atau subjudul di dalam sebuah artikel blog atau website, kenapa digunakan untuk membuat judul? karena fungsi utama heading adalah mengatur ukuran teks di dalam sebuah website atau blog.


Contoh Penulisan Heading


Mari kita perhatikan contoh penulisan Heading di bawah ini :
<html>
<head><title>Membuat Heading</title></head>
<body>
<!-- dibawah ini adalah contoh penulisan heading di html-->
<h1>Tulisan ini menggunakan Heading 1</h1>
<h2>Tulisan ini menggunakan Heading 2</h2>
<h3>Tulisan ini menggunakan Heading 3</h3>
<h4>Tulisan ini menggunakan Heading 4</h4>
<h5>Tulisan ini menggunakan Heading 5</h5>
<h6>Tulisan ini menggunakan Heading 6</h6>
</body>
</html>
Sebagian dari sobat sedikit bingung kenapa saya menuliskan heading satu sampai heading enam, seperti yang saya jelaskan di atas tadi bahwa heading digunakan untuk mengatur ukuran teks dalam sebuah halaman website dan blog.

Untuk lebih jelasnya sobat copy dan pastekan kode diatas ke notepad lalu simpan dengan ekstensi .html, misal simpan dengan nama heading.html, setelah disimpan dobel klik file heading.html tadi, hasilnya kurang lebih seperti di bawah ini :




Coba sobat perhatikan kode html dan hasil yang ditampilkan di browser, ada kode yang tidak ikut ditampilkan di browser kan? coba perhatikan kode html yang ini 


<!-- dibawah ini adalah contoh penulisan heading di html-->


Kenapa kode tersebut tidak di load atau diproses oleh browser? karena kode tersebut adalah kode komentar di html, atau bahasa html dinamakan html comments. browser tidak akan memproses komentar di html, masih bingung tentang komentar di html? ikuti terus blog ini, insya Alloh akan saya jelaskan di tutorial selanjutnya.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat. 




LihatTutupKomentar