CONTOH EDITOR UNTUK MEMBUAT WEB

Pengertian Editor dalam Pembuatan Web


Yang dimaksud editor dalam dunia pengembang aplikasi web adalah aplikasi tambahan atau aplikasi pendukung yang digunakan untuk menulis script-script ketika membangun sebuah aplikasi berbasis web, baik itu html, css, javascript, php dan bahasa pemrograman lainnya yang berkaitan dengan aplikasi web.

sublime text
notepad++ / sumber gambar : google
adobe dreamweaver / sumber gambar : google
notepad bawaan windows


Kenapa Memakai Editor ?


Dalam membuat aplikasi web kita pasti butuh yang namanya program atau aplikasi editor untuk mendukung kinerja kita dalam membangun sebuah aplikasi berbasis web, walaupun pada dasarnya membuat aplikasi web tanpa menggunakan aplikasi tambahan pun masih tetap bisa berjalan, yaitu menggunakan notepad. Notepad juga editor lho, namun hanya editor sederhana. :-)

Jika aplikasi yang akan kita bangun itu cukup kompleks dan dalam skala yang lumayan luas, dengan berbagai bahasa pemrograman yang beragam, seperti CSS, HTML, PHP, JAVASCRIPT dan masih banyak bahasa pemrograman lainnya, apakah iya kita akan tetap memakai notepad ? 


Maka dari itu saya ingin berbagi wawasan tentang beberapa contoh program editor yang biasa dipakai para programmer dalam membuat aplikasi berbasis web. Apa saja contohnya? simak penjelasan dibawah ini.

Contoh Program Editor Untuk Membuat Web


Editor dalam membuat aplikasi web sebenarnya lumayan banyak, namun saya hanya akan memberi beberapa contoh saja yang pernah saya pakai, jika sobat merasa kurang nyaman dengan contoh editor yang saya contohkan ini, silahkan cari editor yang kiranya nyaman menurut pandangan sobat semua.


Karena pada dasarnya editor dibuat untuk membuat kinerja programmer lebih mudah dan nyaman. so.. gunakan editor yang sesuai dengan kenyamanan sobat saja. :-)

Editor yang pernah saya pakai :
  • Adobe Dreamweaver 
  • Notepad ++ (Notepad plus plus)
  • Sublime Text 2

Seiring berjalannya waktu, ternyata saya menemukan kenyamanan dari salah satu contoh editor di atas, dan editor itu adalah ... Sublime Text 2. :-) Sekali lagi saya ingatkan kepada sobat semua, silahkan pilih editor pendukung sesuai kenyamanan masing-masing.

Silahkan mencoba, semoga bermanfaat

LihatTutupKomentar